Wednesday, July 26, 2017

7 Fakta Unik dan Menarik Tentang NASA

NASA adalah singkatan dari National Aeronautics and Space Administration yang merupakan lembaga atau badan yang bergerak di bidang astron... thumbnail 1 summary
7 Fakta Unik dan Menarik tentang NASA yang Belum Banyak Diketahui Orang
NASA adalah singkatan dari National Aeronautics and Space Administration yang merupakan lembaga atau badan yang bergerak di bidang astronomi dan antariksa terbesar di dunia. Didirikan pada 29 Juli 1958, NASA telah berkontribusi banyak dengan berbagai macam penemuan dan inovasi seputar astronomi dan antariksa kepada masyarakat di dunia. Salah satu pencapaian terbesar NASA yaitu berhasil mengirim dan mendaratkan manusia di bulan untuk pertama kalinya pada tahun 1969. 


Tak hanya itu, dalam beberapa tahun terakhir, NASA telah meneliti planet Mars sebagai salah satu misi eksplorasi. Banyak beberapa penemuan unik tentang planet Mars yang memiliki kemiripan dengan Bumi. Nah, ternyata ada beberapa fakta unik tentang NASA yang belum banyak diketahui orang. Penasaran fakta apa sajakah itu? Yuk langsung aja kita lihat di bawah ini.


Gedung NASA memiliki cuaca sendiri:
7 Fakta Unik dan Menarik tentang NASA yang Belum Banyak Diketahui Orang
Terdengar sangat aneh memang jika sebuah gedung yang merupakan ciptaan manusia bisa memiliki cuaca sendiri layaknya alam. VAB (Vehicle Assembly Building) merupakan salah satu gedung NASA yang terletak di Kennedy Space Center. Gedung ini pun menjadi gedung terbesar kelima di dunia dengan luas hampir 4 juta meter kubik.

Ukuran gedung yang sangat luas serta cuaca di Florida yang terbilang lembap, membuat NASA harus membuat cuaca sendiri di gedung tersebut. Hal ini dilakukan untuk melindungi pesawat luar angkasa yang bernilai miliaran dolar dari area yang lembap. Maka dari itu, NASA membuat sistem pendingin udara di gedung tersebut sebesar 10.000 ton untuk mencegah terjadinya kelembapan di dalam gedung.

Para astronot melakukan pelatihan di alam liar:
7 Fakta Unik dan Menarik tentang NASA yang Belum Banyak Diketahui Orang
Untuk menjadi seorang astronot memang bukanlah perkara yang sangat mudah. Ada beberapa tahapan yang sangat ketat dan berkala untuk menyaring banyak orang yang ingin menjadi astronot. Salah satu latihan yang diterapkan untuk menjadi seorang astronot adalah menjalani latihan hidup di alam liar. Tak hanya itu, para calon astronot juga harus latihan di dalam air. Hal ini ternyata berkaitan dengan pendaratan astronot ketika kembali ke Bumi yang biasanya menjadikan lautan sebagai tempat untuk mendarat.

Memiliki koneksi internet paling cepat di dunia:
7 Fakta Unik dan Menarik tentang NASA yang Belum Banyak Diketahui Orang
Di zaman modern seperti sekarang, internet memang menjadi salah satu kebutuhan manusia setiap harinya. Begitupun di sebuah kantor, yang mana fasilitas internet adalah sesuatu hal yang wajib ada. Jika normalnya di sebuah kantor kecepatan internet hanya beberapa MB (Mega Bite) saja perdetik, berbeda halnya dengan kecepatan internet di kantor NASA yang mencapai 91 GB (Giga Bite) perdetik. Bayangkan dengan kecepatan internet sebesar itu, kamu bisa bebas mengunduh apa saja tanpa harus menunggu lama.

Menggaji tukang tidur
7 Fakta Unik dan Menarik tentang NASA yang Belum Banyak Diketahui Orang
NASA memang selalu membuat dan bereksperimen dengan hal-hal unik yang di luar nalar. NASA diketahui pernah merekrut orang hanya untuk tidur selama 24 jam penuh untuk beberapa hari. Hal ini diperlukan untuk meneliti dampak dari gravitasi 0 kepada manusia. Walaupun hanya tiduran di atas kasur selama berjam-jam, bayarannya pun tak sembarangan, yakni mencapai 15 ribu USD (US Dollar) atau setara Rp 205 juta.

Merekrut orang yang memiliki penciuman tajam:
7 Fakta Unik dan Menarik tentang NASA yang Belum Banyak Diketahui Orang
Selain merekrut orang untuk tidur, ternyata ada pekerjaan unik lainnya yang dibutuhkan oleh NASA, yaitu merekrut orang yang memiliki penciuman sangat tajam. Hal ini diperlukan untuk memastikan jika isi ruangan pesawat luar angkasa steril dan tidak ada bau-bau aneh. Tentunya untuk posisi ini pun, gajinya tidak akan main-main.

Kembangkan wisata luar angkasa:
7 Fakta Unik dan Menarik tentang NASA yang Belum Banyak Diketahui Orang
Beberapa waktu yang lalu, NASA menghebohkan banyak media dengan membuat konsep wisata luar angkasa. Tentunya bukanlah sesuatu yang mudah untuk menjadikan pemandangan luar angkasa sebagai tempat wisata. Bisnis ini pun diberi nama SpaceX. Kamu harus siap-siap merogoh kocek sebesar 3,2 miliar untuk setiap perjalanan ke luar angkasa.

Menunggak membayar sampah selama bertahun-tahun
7 Fakta Unik dan Menarik tentang NASA yang Belum Banyak Diketahui Orang
Siapa sangka lembaga sebesar NASA ternyata memiliki tunggakan hutang. Pada tahun 1979, stasiun antariksa pertama milik NASA bernama Skylab hancur berkeping-keping saat memasuki Bumi. Sebagian besar kepingan tersebut berserakan di bagian Australia Barat. Karena sampah luar angakasa ini, NASA didenda oleh Shire of Esperance Australia sebesar 400 USD. Namun, sampai saat ini NASA masih belum membayar denda tersebut.




Itulah beberapa fakta unik dan mengejutkan tentang NASA yang mungkin belum banyak diketahui orang. Bekerja di NASA memang menjadi impian banyak orang. Selain banyak menemukan fakta baru tentang luar angkasa, hidupmu dijamin akan tenang sampai tua kelak. Namun, hanya orang-orang super jenius lah yang bisa menjadi bagian dari NASA. Terlepas dari rumor yang mengatakan jika banyak kebohongan yang dilakukan oleh NASA, beberapa penemuan NASA telah membantu manusia untuk siap menghadapai masa depan. 

No comments

Post a Comment