Tuesday, July 11, 2017

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah – langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata logis merupakan kata kunc... thumbnail 1 summary
Algoritma adalah urutan langkah – langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
Kata logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah – langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Algoritma secara umum berhubungan dengan semua langkah-langkah penyelesaian masalah dengan urutan tertentu. Tetapi istilah algoritma saat ini lebih sering dikaitkan dengan pemrograman komputer sehingga dikenal algoritma pemrograman. Pada dasarnya algoritma pemrograman merupakan kerangka dari program komputer.

  • Sejarah Algoritma
Algoritma berasal dari kata “ Algorism”  atau “Algorithm” yang artinya adalah perhitungan dalam angka arab. Kata Algorism tersebut  diambil dari nama penulis buku Arab yang terkenal yaitu  Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-KhuwarizmiAl-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism.
Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku Pemugaran dan Pengurangan” (The Book of Restoration and Reduction) sekitar tahun 825 M. Dari buku itu juga didapat akar kata “Aljabar (Algebra)”.
Lambat laun kata Algorithm berangsur – angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam bahasa Indonesia, kata Algorithm diserap sebagai Algoritma.



  • Mekanisme Algoritma Pemrograman

Dalam konteks pemrograman komputer terdapat banyak definisi algoritma. Sebenarnya tidak ada definisi algoritma yang baku. Namun secara sederhana algoritma (dalam kaitannya dengan pemrograman) dapat kita definisikan sebagai urutan langkah berhingga untuk menyelesaikan masalah matematika dan logika. Dengan pengertian itu dapat kita simpulkan bahwa :
      •Algoritma adalah kumpulan langkah, artinya algoritma merupakan proses di dalam  penyelesaian masalah.
   •Langkah-langkah dalam algoritma berhingga banyaknya, artinya langkah-langkah tersebut memiliki akhir. Algoritma tanpa akhir, bukanlah termasuk algoritma karena tidak akan memberikan solusi apapun.
     •Digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika dan logika, artinya tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan algoritma. Algoritma hanya bisa digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah jika masalah tersebut dapat diterjemahkan ke dalam bahasa logika dan matematika.

  • Ciri-Ciri Algoritma yang Baik

-Mempunyai logika perhitungan / metode yang tepat dalam memecahkan masalah.
-Menghasilkan output yang tepat dan benar.
-Ditulis dengan bahasa yang standar secara sistematis dan tidak menimbulkan arti yang ganda.
-Ditulis dengan format yang mudah dipahami dan diimplementasikan kedalam bahasa pemrograman.
-Semua operasi yang dibutuhkan terdefinisi dengan jelas.
-Semua proses harus selalu berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan

  • Metode Penyampaian Algoritma

-Narasi
  penyampaian algoritma dalam bentuk cerita/text
-FlowChart
  Penyampaian algoritma dalam bentuk bagan alir
-Pseudocode
  Penyampaian algoritma dalam bentuk hampir menyerupai bahasa pemrograman

No comments

Post a Comment