Wednesday, August 2, 2017

Pasar Paling Mengerikan Ternyata ada di Indonesia

Apa yang ada dipikiranmu saat mendengar kata 'pasar' ya  umumnya kebanyakan orang akan membayangkan dengan ramai banyak orang yang ... thumbnail 1 summary
Apa yang ada dipikiranmu saat mendengar kata 'pasar' ya  umumnya kebanyakan orang akan membayangkan dengan ramai banyak orang yang berjualan barang keperluan sehari- hari, dan lain sebagainya. Tapi ini tidak berlaku dengan Pasar yang satu ini nama pasarnya yaitu Pasar Bariman yang letaknya di Tomohon (Sulawesi Utara).



Letaknya diapit dua gunung yakni Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Keadaan ini membuat kota yang satu ini dianugrahi dengan keindahan alam yang mumpuni. Topografi pegunungan nan subur membuat kota berhawa sejuk ini menghasilkan bunga-bunga yang berseri. Inilah Tomohon, kota dengan julukan sebagai Kota Bunga dari Sulawesi Utara.

Pasar Tomohon

Pasar Tomohon


Sekilas tidak ada yang luar biasa dan sama seperti pasar-pasar tradisional lainnya. Layaknya pasar tradisional, pasar ini menjual berbagai macam kebutuhan sehari-sehari seperti pakaian dan kebutuhan lainnya. Namun beranjak ke bagian belakang, tepatnya di area penjual daging, Satu persatu informasi mulai terungkap.

Daging yang tidak umum untuk dikonsumsi menjadi sajian utamanya. Mulai dari tikus, anjing, ular piton, kelelawar dan babi terpapar di meja-meja para penjual daging. Satu yang menarik, kadang ada anjing yang masih hidup juga dijual di sini. Fenomena inilah yang membuat Pasar Tomohon berbeda dengan pasar-pasar tradisional di nusantara. Bahkan nama Pasar Tomohon membuat wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulawesi Utara penasaran dengan keunikannya.

Tubuh anjing bewarna gelap, kepalanya terjuntai kebawah menjadi hal umum di Pasar Tomohon. Beda lagi dengan penjual babi, kepala utuh hewan gemuk ini terpajang dengan sisa-sisa darah yang masih menempel di meja pemotongan. Mau jenis babi ternak maupun babi hutan, keduanya dapat diperoleh di pasar yang bernama lengkap Pasar Beriman Tomohon ini. Mau lihat cara menghilangkan bulu babi hutan dengan api-pun juga bisa dilihat di pasar ini.

Pernah Ada seorang wisatawan Asal mancanegara yang pernah ke pasar Tomohon Seperti dilansir Daily Mail, Raymond Walsh, seorang fotografer asal Oman, berkeliling mencari obyek foto barang-barang yang dijual disalah satu pasar di Tomohon,  dipasar tersebut, Raymond terkejut melihat binatang-binatang seperti babi, tikus, anjing kelelawar dalam keadaan gosong untuk diperjualbelikan. Raymond juga melihat monyet, kukang, ular dan kucing dalam kondisi yang sama. Raymond bahkan menulis dalam blog miliknya sebagai pasar paling mengerikan di dunia.

“Dalam pasar lokal negara berkembang, buah, sayur dan ikan banyak dijual disana, namun perbedaannya adalah banyak hewan yang mati juga dijual,” tulis Walsh pada blog www.manonthelam.com.

Walsh begitu terkejut melihat banyak hewan yang dijual  dalam kondisi terpanggang dengan ekspresi  kesakitan dan ketakutan, bahkan ada pula yang menjulurkan lidah, “Ini pertama kalinya bagiku. Aku merasa mual dan pusing seketika,” tutur Walsh dalam blognya.

Namun demikian, Walsh masih menghargai budaya yang ada di daerah tersebut sebagai kekayaan budaya tradisional, meskipun hal itu sulit diterima bagi budaya barat.

Hhhmm....  apakah anda berani berkunjung ke Pasar  ini,....

4 comments