Tuesday, August 29, 2017

7 Makanan Yang Wajib Dicoba Jika Berkunjung Ke Palembang

Selain terkenal dengan Jembatan Ampera nya  Kota Palembang juga mempunyai beragam jenis makanan khas selain Pempek tentunya, Jika kamu se... thumbnail 1 summary
Selain terkenal dengan Jembatan Amperanya Kota Palembang juga mempunyai beragam jenis makanan khas selain Pempek tentunya, Jika kamu sedang berkunjung ke suatu daerah selain menikmati suasananya tidak lengkap jika kamu tidak mencicipi makanan khas di daerah tersebut.

Kali ini saya akan membahas tentang 7 Makanan Khas Yang Wajib Kamu Coba Jika Berkunjung ke Kota Palembang. Makanan apasajakah itu, simak ulasanya berikut ini :


1. PEMPEK

Siapa yang tak kenal makanan yang satu ini,banyak masyarakat indonesia yang muyukainya. Pempek ini terbuat dari bahan dasar ikan dan sagu atau kanji, dan bisa kita variasikan lagi dengan menambahkan bahan tambahan seperti tahu, telur, udang, dan kulit telur sesuai selera kita. untuk menambah kenikmatannya,biasanya pempek disajikan dengan saus cuka atau dalam bahasa palembang disebut dengan cuko yang terbuat dari gula merah, bawang putih, cabe rawit, garam, dan bisa kita tambahkan denga udang ebi.

masyarakat Palembang telah berhasil mengembangkan bahan dasar tersebut menjadi beragam jenis pempek dengan memvariasikan isian maupun bahan tambahan lain seperti telur ayam, kulit ikan, maupun tahu pada bahan dasar tersebut. Pempek pun banyak variannya diantaranya pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, pempek lenggang, pempek panggang, pempek belah dan pempek otak – otak.

2. TEKWAN

Tekwan terbuat dari bahan dasar yang hampir sama dengan pempek yaitu diging ikan dan sagu yang dibentuk bulat kecil-kecil dan disajikan dengan kaldu udang sebagai kuah, seldri, bawang goreng, taburan daun bawang dan jamur kuping serta bihun sebagai pelengkap.lebih enak menikmati tekwan ini saat panas dan pedas.Kalo soal rasanya dijamin bikin nambah... hikks

3.MODEL

Ini bukan model catwalk atau model iklan lho.. Ini model ikan heee... model disini yang dimaksud adalah nama Makanan yang ini sebenernya mirip dengan tekwan tetapi bahan dasar daging ikan dan sagu dibentuk menyerupai pempek tahu kemudian dipotong kecil kecil dan ditambah kaldu udang sebagai kuah serta soun sebagai pelengkap. model pun memiliki 2 varian yaitu yakni Model Ikan (Model Iwak) dan Model Gandum (Model Gendum). Sebagai pelengkap model disajikan dengan campuran, timun, udang, jamur kuping, bawang goreng dan bihun atau soun bahakan ada yang menambahkan cuka pada kuah model agar terasa lebih sedap.

4.MARTABAK HAR

Martabak HAR merupakan makanan Khas yang berasal dari India yang dibawah oleh Haji Abdul Razak. Jadi tau kan dari mana nama martabak HAR didapat... Berbahan dasar tepung terigu, yang diberi telor bebek dan telor ayam,kuahnya berbahan kari kambing yang dicampur kentang.walaupn berasal dari india namun martabak har palembang ini berbeda dengan martabak india, martabak palembang memiliki kulit martabak yang lebih renyah lho.

5.LAKSAN

Laksan masih seperti makanan khas palembang lainnya terbuat dari tepung sagu dan ikan hanya saja laksan ini merupakan pempek lenjer tebal yang dipotong tebal melintang dan dimakan dengan kuah santan.waw ternyata rata-rata semuanya berbahan dasar tepung sagu dan ikan.

6.CELIMPUNGAN

Masih seperti yang lain, bahkan celimpungan sekilas mirip dengan laksan, hanya saja yang mebedakannya adalah bentuknya bulat pipih lebih besar dari tekwan. Disajikan dengan kuah santan yang dicampur dengan bawang putih, kunyit, bawang merah,  garam, daun salam, dan lada,  sehingga kuah santan yang berwarna kekuningan terasa nikmat.

7.KEMPLANG

Kemplang adalah kerupuk yang gurih dan garing, berbahan dasar seperti pempek lenjer, yang diiris tipis kemudian dijemur hingga mengering, setelah kering kemplang dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang hingga mengembang.kerupuk yang sangat renyah ini biasanya dimakan dengan sambal yang berwarna hitam yang memiliki rasa pedas &Gurih.

Selain 7 makanan diatas tentunya masih banyak makanan lain yg belum saya sebutkan satu - persatu, Jadi jangan lupa untuk mencoba makanan tersebut jika anda sedang berkunjung ke Palembang ya.

6 comments